Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatur Keuangan dengan metode 50/20/30

Metode 50 20 30

Metode 50/20/30 sudah banyak di gunakan di kalangan masyarakat khususnya masyarakat yang bingung mengatur keuangan sendiri.

Memang gampang-gampang sulit, karena kita pasti banyak godaan diri.Apalagi godaan temen atau pacar hehehe.Entah itu makan di luar, nonton bioskop, atau foya".

Tahan godaan itu sekarang juga, karena godaan tersebut bisa menghasilkan apapun selain menyenangkan hati orang lain.

Ketika kalian sukses kelak bisa menyenangkan hati teman, ortu, maupun pacara sepuasnya hehehe.

Nah bagaimana sih cara menerapkan metode 50/20/30 ini di finansial kita?


oke baca perlahan supaya masuk ke otak.

Menurut bukuAll Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Planyang di tulis oleh Elizabeth Warren. buku tersebut mengatasi finansial dengan metode 50/20/30.




50% Kebutuhan

    Kebutuhan adalah hal mutlak yang harus kalian prioritaskan, seperti membayar cicilan, membayar semesteran, makan, transportasi, pajak, dan kebutuhan prioritas lainnya.

    Jika Gaji kalian naik jangan kalian naikan juga kebutuhan hidup kalian, supaya kebutuhan hidup kalian berkurang menjadi 40%, ini cara supaya kebutuhan investasi kalian naik, kita bahas setelah ini.

    Tidak semua orang bisa mengatur kebutuhan hidup 50%. Kadang ada yang 70% itu karena Pemasukan mereka kecil sedangkan kebutuhan hidup besar.

    30% Keinginan

      Keinginan adalah godaan hahaha.Tapi tak semua keinginan adalah godaan. Semisal ingin membeli rumah, jadikan 30% ini menabung untuk membeli rumah.

      Jika gaji kalian naik kalian juga bisa menaikan persentase keinginan kalian menjadi 30%. Itu akan menjadikan nilai plus supaya keinginan cepat tercapai.

      Atau anda ingin membeli TV, Lemari, Kulkas, dan lainnya.

      20% Investasi/menabung

        Semakin besar gaji kalian semakin besar juga yang harus di investasikan.
        Banyak sekali Investasi-investasi yang baik untuk kalian entah itu yang menggunakan modal maupun tidak menggunakan modal, saran saya gunakan 20% ini untuk Reksadana atau membeli Emas.

        banyak sekali macam investasi , jangan asal investasi begitu saja, pelajari dulu apa yang mau di investasikan karena banyak sekali investasi bodong yang bertebaran.

        Cara menggunakan 50/20/30 dengan benar

        1.Hitung penghasilan setelah pajak

          Penghasilan setelah pajak merupakan sisa gaji kalian setelah membayar pajak. Misalnya saja pajak daerah, pajak penghasilan, Jaminan Sosial, dsb. Jika kalian adalah pegawai bergaji tetap, penghasilan setelah pajak tentu lebih mudah diketahui. Karena biasanya gaji kita akan terpotong otomastis oleh pajak. Cek slip gaji kalian lihat di bagian potongan.

          Jika kalian wiraswasta, penghasilan pasca pajak sama dengan pendapatan kotor dikurangi pengeluaran bisnis. Misalnya biaya komputer, tiket pesawat, dll. Meskipun seorang wirausahawan, kalian tetap berkewajiban membayar pajak tertentu ke pemerintah.

          2.Batasi Kebutuhan hingga 50 Persen dari Penghasilan Setelah Pajak

            Seperti yang saya bahas di atas, kebutuhan hidup batasi sampai 50% dari penghasilan kalian setelah pajak.

            Menurut Warren dan Tyagi.dalam aturan 50/30/20, jumlah yang dibelanjakan untuk kebutuhan tidak boleh lebih dari 50 persen dari pendapatan setelah pajak.Karena dengan tidak membatasi kebutuhan hidup ditakutkan dengan tidak sadar akan naik. Lama kelamaan kalian tidak sadar jika pengeluaran untuk kebutuhan saja sudah melebihi pemasukan bulanan.Yang ada malah hutang, Hindari hutang guys karena hutang dosa, bedakan hutang dengan kredit.


            3.Gunakan 20% untuk pemasukan dari hasil investasi

            Jarang sekali saya menemukan manusia yang menginvestasikan penghasilannya supaya nantinya akan memutar menjadi penghasilan kembali dengan berinvestasi.

            Banyak sekali dari kalangan masyarakat yang belum menemukan jalan investasi alias bingung.

            Dan sedikit sekali yang tau cara berinvestasi dan benar-benar sukses dalam penerapannya.Tak kalah juga Mahasiswa sekarang sudah bisa berinvestasi sejak dini, karena mereka ingin penghasilan tambahan untuk membiayai spp nya.


            Nah itu tadi adalah Tips menerapkan metode 50/20/30. Sudah banyak kalangan masyarakat yang menggunakan metode ini.Tips lain dari kalian adalah tahan godaan semaksimal mungkin, godaan-godaan tersebut bisa kalian capai pada saat kalian sudah terbebas dari finansial.

            Cukup sekian dari saya semoga artikel ini membantu kalian dalam menangani keuangan yang cepat habis tanpa sadar.