Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Investasi untuk pemula

4 Investasi Pemula

Di masa sekarang investasi adalah senjata keuangan yang ampuh untuk menangani finansial kita, beberapa peluang investasi bisa di katakan hampir tidak memerlukan modal.

Hal ini juga bisa Tameng Keuangan di masa tua/pensiun.Hal yang harus di perhatikan saat investasi ialah keamanan jenis investasi tersebut. Yang kalian perlu ketahui investasi yang sudah tersertifikasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) itulah yang paling aman.Jangan asal pilih, maupun tergiur dengan promosi yang dilakukan oleh pihak penyedia.

Dan yang paling penting juga ialah sebaiknya kalian atur keuangan dahulu sebelum menginvestasikan uang kalian ke jasa investasi.


Saya share sedikit ilmu tapi bermanfaat bagi kalian yang masih pemula dalam investasi supaya nantinya kalian tak tergesa-gesa memilih jenis investasi.Banyak sekali jenis investasi yang ada di dunia ini.

Tetapi saya jelaskan investasi yang baik untuk pemula/baru memasuki dunia investasi.

Ada 4 jenis investasi pemula yang konon bisa menghasilkan miliaran jika penerapannya baik dan termanage.


1.Reksadana

Reksadana adalah salah satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal, khususnya pemodal kecil dan pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian untuk menghitung risiko atas investasi mereka.
Reksadana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas.
Selain itu reksadana juga diharapkan dapat meningkatkan peran pemodal lokal untuk berinvestasi di pasar modal Indonesia.
Umumnya, reksadana diartikan sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.
Ada tiga hal yang terkait dari definisi tersebut yaitu :
1. adanya dana dari masyarakat pemodal. 
2. dana tersebut diinvestasikan dalam portofolio efek, dan 
3. dana tersebut dikelola oleh manajer investasi.
Dengan demikian, dana yang ada dalam reksadana merupakan dana bersama para pemodal, sedangkan manajer investasi adalah pihak yang dipercaya untuk mengelola dana tersebut.

2.Emas
    Emas merupakan logam mulia yang cukup diminati banyak masyarakat. Bagaimana tidak? Dengan bentuk menarik, Logam/perhiasan satu ini berhasil memikat perhatian banyak orang karena dikenal sebagai barang investasi dengan kepastian bahwa akan memberikan keuntungan bagi para pemiliknya. Tidak mengherankan, karena investasi emas memiliki keuntungan utama di mana kecenderungan harganya yang selalu naik dari tahun ke tahun. Hal ini jelas memberikan keuntungan bagi para pemiliknya, terutama bila selisih harga beli dan harga jualnya cukup besar.
    Menjadi rahasia umum bila masyarakat menjadikan emas sebagai salah satu bentuk investasi untuk dipetik hasilnya di masa mendatang. Berbagai bentuk emas begitu diminati, seperti bentuk emas perhiasan, emas dinar, dalam bentuk batangan, bisa juga tabungan emas yang fungsinya untuk pendanaan pendidikan, biaya kesehatan, untuk keperluan biaya naik haji, bahkan membeli rumah.
    3.Saham
      Investasi saham adalah pemilikan atau pembelian saham-saham perusahaan oleh suatu perusahaan lain atau perorangan dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan tambahan diluar pendapatan dari usaha pokoknya. Jadi saham merupakan salah satu instrumen pasar modal yang diperbandingkan di lantai bursa efek, yang digunakan bagi perusahaan untuk kelangsungan hidup perusahaan dalam membutuhkan dana dari masyarakat

      Terakhir.Deposito
        Bagi para ibu rumah tangga, produk simpanan berupa deposito ini sering kali menjadi alternatif tabungan yang ideal. Karena deposito memiliki jangka waktu. Seperti halnya tabungan, hal yang sering menjadi pertimbangan untuk memilih produk deposito adalah bunga yang ditawarkan deposito lebih tinggi dari pada tabungan biasa. 

        Secara pengertian, deposito adalah produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja. Apabila dana yang disimpan diambil sebelum waktunya, maka siap-siap lah untuk terkena denda penalti. Menariknya lagi, semakin besar dan semakin lama kalian menyimpan dana dalam bentuk deposito, maka semakin besar pula bunga yang ditawarkan.

        Itulah Jenis Investasi untuk pemula maupun yang sudah lama dalam berinvestasi,
        dan jangan lupa atur dulu keuangan kaliann sebelum berinvestasi.
        Nantikan next artikel tentang keuangan. Semoga artikel ini membantu kalian dalam memilih investasi.

        4 Investasi ini sudah di gandrungi oleh pelajar maupun Mahasiswa bukan hanya orang yang sudah memiliki Gaji tetap.Tak salah jika kalian memilih investasi sebagai jalan cerah menuju kesuksesan.

        Saya rizal yala dari IDFinansial mengucapkan terima kasih atas kunjungan kalian.